Target Pascasarjana, 2018 Semua Prodi Terakreditasi A

image
By deddy Triono On Tuesday, August 23 rd, 2016 · no Comments · In

UNAIR NEWS – Sekolah Pascasarjana berupaya terus meningkatkan akreditasi. Hingga saat ini, terdapat dua belas program studi di sana. Satu memiliki akreditasi A, empat akreditasi B, sedangkan tujuh prodi lain yang berakreditasi C, tahun ini melakukan pengajuan ke BAN PT.

Tiga dari tujuh prodi yang diajukan tahun ini, diprediksi akan mendapat akreditasi A. Sisanya, diperkirakan mendapat akreditasi B. “Satu prodi yang diajukan tahun ini sudah mendapat keputusan dan akreditasinya B. Jadi, kami tinggal mengurus dan menunggu enam prodi lainnya,” kata Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana Prof Dr Anwar Ma’ruf drh M.Kes saat ditemui di ruang kerjanya.

Diharapkan, pada tahun depan, semua prodi yang terakreditasi B akan diajukan kembali. Lantas, secara menyeluruh pada 2018, semua prodi akan memiliki akreditasi A.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan ini mengutarakan, akreditasi sebuah program studi menjadi elemen penting saat kampus ingin mempromosikannya. Sebab, calon mahasiswa pasti menjadikannya sebagai bahan pertimbangan. Sejauh ini, kata lelaki asal Bojonegoro tersebut, pengisian borang akreditasi berjalan lancar. Maka itu, pihaknya yakin target yang sudah ditetapkan bisa tercapai. Apalagi, mimpi itu terhitung cukup realistis.

Yang menarik, dalam waktu dekat Sekolah Pascasarjana akan mengaktifkan organisasi mahasiswa semacam Badan Eksekutif. Anwar menjelaskan, dalam borang akreditasi, keaktifan mahasiswa dalam kegiatan kampus memiliki nilai tersendiri. Di sisi lain, dia yakin, mahasiswa Pascasarjana juga ingin bersosialisasi melalui organisasi. Maka itu, rencana ini pasti bakal gayung bersambut.

Sudah menjadi tugas bagi pihaknya, memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan kegiatan di kampus. Asalkan bermuatan positif, UNAIR pasti bakal mendukung. Teknis pelaksanaannya, akan dijabarkan dalam waktu dekat.

“Selama ini kan ada asumsi, kalau sudah jadi mahasiswa S2 dan S3, sudah tidak perlu berorganisasi. Namun, pandangan itu kan bisa saja keliru. Makanya, kami nanti akan membuka peluang berorganisasi bagi para mahasiswa,” kata Anwar.

Sekolah Pascasarjana selama ini aktif melakukan aneka kegiatan ekstra untuk meningkatkan kualitas. Misalnya, mengadakan seminar atau konferensi nasional/internasional, kuliah tamu, dan lain sebagainya. (*)

Penulis : Rio F. Rachman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *