PENGUKUHAN Dr. Achsania Hendratmi

image
By deddy Triono On Tuesday, August 23 rd, 2016 · no Comments · In

Pada hari Kamis, 30 Juni 2016 yang lalu telah dilakukan proses Ujian Terbuka, Promosi Doktor Ekonomi Islam atas nama Achsania Hendratmi, S.E., M.Si. Para penguji menyatakan bahwa Achsania Hendratmi dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan, dan dikukuhkan sebagai Doktor Ekonomi Islam dari Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga. Dr. Achsania Hendratmi secara resmi menjadi Doktor ke-9 di Departemen Ekonomi Syariah FEB Unair. Achsania Hendratmi berhasil mempertahankan desertasinya tentang Menggali dan Menemukan Model Bisnis Islam.

“Total jumlah Doktor kami sampai saat ini dengan lulusnya Bu Achsania yaitu sembilan orang doktor. Target kami di tahun 2016 ini akan menjadi 12 orang doktor di Departemen Ekonomi Syariah, karena kami target sampai dengan akhir tahun 2016 ini ada 3 – 4 orang lagi yang lulus dari program pendidikan S3, baik dari dalam maupun dari luar,” jelas Dr. Raditya Sukmana, Ketua Departemen Ekonomi Syariah FEB Unair.

Sampai dengan kelulusan Dr. Achsania Hendratmi saat ini ada 12 orang dosen di Departemen Ekonomi Syariah yang sedang menempuh pendidikan S3, lima di antaranya studi lanjut di luar negeri, yaitu Malaysia, New Zealand, dan Amerika Serikat. Tahun 2016 ini ada 4 orang yang sudah memasuki tahap akhir dalam studi S3-nya sehingga di akhir tahun 2016 diharapkan 41% dosen Departemen Ekonomi Syariah sudah bergelar doktor. Dan pada tahun 2017 diharapkan sudah lebih dari 50% dosen Departemen Ekonomi Syariah sudah bergelar doktor.

“Jumlah Doktor saat ini menjadi sangat penting karena proporsi jumlah doktor menjadi salah satu kriteria perangkingan dunia oleh QS Ranking yaitu staff with Ph.D yang memiliki porsi 5% dari keseluruhan penilaian, selain itu semakin banyak jumlah doktor diharapkan semakin meningkat kuantitas dan kualitas penelitian serta publikasi. Ini sebagai bukti daya dukung kami untuk merealisasikan visi 2020 Unair menjadi World Clas University yaitu masuk rangking 500 dunia pada tahun 2020 nanti,” terang lebih lanjut Raditya Sukmana.

Achsania Hendratmi dalam desertasinya mencoba untuk mengungkap dan menganalisis model bisnis yang sesuai syariah, dengan subyek penelitiannya adalah komunitas wirausaha muslim Surabaya. Hasil penelitian Dr. Achsania ini menyimpulkan bahwa model bisnis dalam Islam dibentuk oleh niat awal atau motif dalam mendirikan bisnis oleh seorang muslim sehingga memberikan corak model yang berbeda. ”Bagi seorang muslim, berbisnis itu tidak sekedar mencari untung, tapi ada motif lain yang akan mempengaruhi model operasional dari sebuah bisnis yang dijalankan oleh seorang muslim,” jelas Achsania. “Motif lain itu adalah motif mencari keberkahan dan dibangun dengan semangat ukhuwah Islamiyyah, sehingga tidak ada persaingan yang tidak sehat, tapi lebih pada sinergi bisnis antar sesama pengusaha,” terang lebih lanjut Achsania.

Penelitian desertasi Achsania Hendratmi ini linear dengan keilmuan yang dibutuhkan dalam pengembangan matakuliah kewirausahaan dan bisnis Islam yang diajar oleh Achsania Hendratmi bersama Tim. (NOV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *