Unair Jalin Kerjasama dengan IRTI – IDB untuk Tingkatkan Publikasi dan Penelitian Internasional Bidang Ekonomi Islam

image
By deddy Triono On Tuesday, August 23 rd, 2016 · no Comments · In

Universitas Airlangga pada tanggal 19 Mei 2016, pada 4th Annual Meeting Islamic Development Bank (IDB) di Jakarta, menandatangani memorandum of understanding (MOU) dengan Islamic Research and Training Institute (IRTI) IDB. Perjanjian kerjasama tersebut difokuskan dalam peningkatan kegiatan publikasi dan penelitian di bidang ekonomi Islam.

Pada kesempatan tersebut pihak Unair diwakili oleh Rektor Universitas Airlangga, Prof. Dr. Moh. Nasih, sedangkan dari pihak IRTI IDB diwakili oleh Prof. Dr. Mohd. Omar Azmi. Pada kesempatan tersebut hadir pula Ketua Departemen Ekonomi Syariah FEB Unair, Dr. Raditya Sukmana, yang ikut menyaksikan penandatanganan MOU Unair-IRTI IDB tersebut.

”Dengan IRTI, nanti UNAIR akan menggelar workshop tematik yang terkait dengan koperasi syariah atau koperasi Islam. Selain itu juga ada donasi buku,” kata Prof. Nasih. Sementara itu Dr Raditya Sukmana menyatakan bahwa selama ini sudah terjalin erat hubungan kerjasama antara Unair, dalam hal ini Departemen Ekonomi Syariah FEB Unair, dengan IRTI IDB. “Penandatangan MOU kali ini adalah sebagai bentuk pembaharuan kerjasama antara Unair dengan IRTI IDB yang sudah dijalin sejak tahun 2014,” jelas Raditya Sukmana.

Kerjasama Departemen Ekonomi Syariah FEB Unair dengan IRTI IDB yang telah terealisasi sejak tahun 2014 adalah pembukaan IRTI Conner, Thematic Workshop, teleconference pembelajaran ekonomi Islam, dan visiting scholar. “Tahun 2015 yang lalu kita menyelenggarakan pembelajaran ekonomi Islam secara teleconference dengan IRTI IDB selama 10 kali pertemuan, dan satu dosen kami mengikuti visiting scholar di IRTI IDB selama 3 bulan untuk melakukan riset,” jelas Raditya Sukmana lebih lanjut.

Tahun 2016, tepatnya pada 14 – 15 September 2016, Unair bekerjasama dengan IRTI IDB menyelenggarakan Thematic Workshop on Islamic Cooperatives as the Economic Organization of Social Capital. Workshop tersebut akan mengundang para peneliti dalam bidang ekonomi Islam dari seluruh dunia. Setiap para peneliti yang diterima papernya akan mendapatkan pembiayaan transportasi dan akomodasi selama mengikuti acara di Surabaya yang dibiayai oleh IRTI IDB. (NOV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *