KPS S3 Ilmu Ekonomi Islam Pascasarjana Prof. Muslich, Dari Dunia Industri hingga Pakar Manajemen Akuntansi

image
By usi_pasca On Friday, February 24 th, 2017 · no Comments · In

UNAIR NEWS – Berbekal banyak pengalaman di dunia industri dan pendidikan tambahan yang didapatkan sebelum kuliah di jenjang sarjana, Prof. Dr. H. Muslich Anshori, S.E., M.Sc., Ak., CA., menekuni dua keilmuan yang saling berkaitan yakni akuntansi dan manajemen. Tercatat, sebelum menempuh pendidikan sarjana, Muslich sempat lulus pada Pendidikan Kejuruan Lanjutan “MIGAS” bidang Bioteknologi Lembaga Minyak dan Gas Bumi, yang bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1976.

“Selain itu, pada tahun 1977 saya juga lulus Post Training Bioteknologi, Lembaga Minyak Gas dan Bumi yang bekerja sama dengan Universitas Gajah Mada,”  terang Muslich.

Berlatar belakang pendidikan sarjana Akuntnasi dan  pengalaman di dunia perusahaan, Muslich memfokuskan kajian keilmuannya  ke arah akuntansi manajemen. Muslich pun juga melanjutkan program masternya ke Pascasarjana Jurusan Teknik dan Manajemen Industri, Institut Teknologi Bandung (ITB). Keragaman studinya semakin lengkap saat Muslich melanjutkan studi doktoralnya di Program Studi Ilmu Ekonomi, Universitas Airlangga.

Fokus keilmuan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) periode 2010-2015 kepada akuntansi manajemen, dibuktikan dengan kiprahnya mengikuti berbagai penelitian dan publikasi ilmiah.  Diantaranya karya ilmiah yang berjudul “Strategi Bisnis, Kemampuan Produksi, dan Kemampuan Pemasaran: Apakah Mereka Mempengaruhi Kinerja Bisnis?” yang diterbitkan dalam Majalah Ekonomi Tahun X, No.2, Agustus 2000.

“Kalau di lingkungan FEB UNAIR sendiri, saya juga aktif mengajar seputar keilmuan akuntansi manajemen mulai jenjang sarjana hingga doktoral,” imbuhnya.

Selain mengajar, laki-laki kelahiran Jombang, 21 Maret 1952 juga aktif mengelola Majalah Ilmiah, antara lain menjadi editorial Jurnal Ekonomi dan Bisnis d/h Majalah Ekonomi, FEB UNAIR. Editorial Jurnal Ekonomi dan Bisnis Entrepreneur FIS UNESA. Editor Asia Pacific Management Review (AMPR), The Social Science Research Centre, National Science Council, Taiwan, Republic of China. The Member of the Editorial Board for Accounting Business and Economic Review (ABER), Faculty of Management and Economics, Universiti Malaya Terengganu.

Muslich yang sempat menjabat sebagai Wakil Rektor II UNAIR periode 2007-2010 tersebut juga menambahkan bahwa ketertarikan dengan Akuntasi dan Manajemen banyak dipengaruhi dari latar belakang pendidikan dan pengalaman yang pernah ia jalani.

“Memang yang saya minati lebih mengarah ke situ. Jadi begini, kalau akuntansi keuangan lebih berfokus pada masalah-masalah keuangan, laporan keuangan dan sebagainya, maka akuntansi manajemen, merupakan hasil akuntansi yang dibuat sebagai salah satu informasi untuk membuat keputusan,” pungkasnya.

Penulis: Nuri Hermawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *