Menpan RB Asman Abnur Mahasiswa Pascasarjana UNAIR Jalani Sidang Ujian Doktor Terbuka

image
By usi_pasca On Monday, February 27 th, 2017 · no Comments · In

UNAIR NEWS – Mahasiswa program doktoral Ilmu Ekonomi Islam Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga Asman Abnur dijadwalkan akan melaksanakan sidang ujian doktor terbuka, Senin (26/2). Sidang ujian disertasi Asman yang kini menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (Menpan RB) akan berlangsung di Aula Garuda Mukti, Kantor Manajemen, Kampus C UNAIR.

Dalam disertasinya, Asman mengangkat tema berjudul Pengaruh Belanja Modal Pemerintah dan Investasi Swasta Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah dan Tenaga Kerja Terserap Serta Kesejahteraan Rakyat di Kabupaten/Kota Provinsi Kepulauan Riau dalam Perspektif Islam.

Dalam mempertahankan sidang disertasi, Asman akan diuji oleh sepuluh penyanggah yang dipimpin oleh Guru Besar bidang Akuntansi Prof. Dr. Mohammad Nasih, S.E., M.T., Ak. Sedangkan, para penyanggah lain di antaranya adalah Prof. Dr. Suroso Imam Zadjuli, SE sebagai promotor, Prof. Dr. H. Ali Mufrodi, MA sebagai ko-promotor, Prof. Dr. H. Muslich Anshori, S.E., M.Sc., Ak., Prof. Dr. Hj. Sri Iswati, SE.,M.Si., Ak dan Prof. Dr. Djoko Mursinto, Drs.Ec., M.Ec. Selain mereka, Kapolri Jenderal Polisi Drs. H.M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D, juga akan menguji disertasi yang ditulis promovendus Asman.

Selain dihadiri oleh para penyanggah dan penanya, ujian doktor terbuka akan dihadiri sejumlah pejabat pemerintahan. Dijadwalkan, Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Ketua Bappenas RI, Menteri Badan Usaha Milik Negara RI, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI, Menteri Badan Usaha Milik Negara RI, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI, anggota Badan Pemeriksa Keuangan RI, dan kepala daerah akan hadir memenuhi undangan.

Sebelum ujian terbuka dilaksanakan esok hari, materi disertasi Asman yang menjalani studi doktor selama 6 tahun 6 bulan itu sudah pernah dipertahankan dalam ujian doktor tertutup. Pelaksanaan ujian tertutup dilangsungkan pada 30 Desember 2016 lalu dan dipimpin oleh Prof. Djoko Mursinto.

Sebelumnya, Asman mendapatkan gelar sarjana dari Universitas Ekasakti, Sumatera Barat, pada tahun 1990. Ia lantas melanjutkan kuliah di prodi S-2 Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UNAIR, tahun 2000 dan lulus tahun 2004. Lelaki berusia 55 tahun itu mulai menjalani kuliah doktor di UNAIR tahun 2010. (*)

Penulis : Defrina Sukma S.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *