KURIKULUM

Dalam rangka  pengembangan Ilmu Ekonomi Islam di Indonesia Universitas Airlangga memprakarsai pengembangan yang dimulai dari konsentrasi/disiplin ilmu ekonomi Islam menjadi Minat Studi Ilmu Ekonomi Islam Program Doktor Program Studi Ilmu Ekonomi Islam , dengan dasar hukum SK Rektor Keputusan Rektor Universitas Airlangga No. 8445/JO3/pp/2005 tentang Penetapan status Program Doktor Minat Studi Ilmu Ekonomi Islam Program Pascasarjana Universitas Airlangga. Kurikulum  Prodi  S3 Program Doktor Ilmu mengacu pada KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia ) dengan dasar  PP no.31 2006.  Kurikulum Program Doktor dilandaskan dari Jenjang Kualifikasi  Cakupan Level 9 . Jenjang kualifikasi  adalah tingkat capaian pembelajaran yang disepakati secara nasional, disusun berdasarkan ukuran hasil pendidikan dan/atau pelatihan yang diperoleh melalui pendidikan formal, nonformal, informal, atau pengalaman kerja. Spesifikasi kurikulum jug disusun  mengandung  elemen kompetensi antara lain yaitu   landasan kepribadian, penguasaan ilmu dan keterampilan, kemampuan berkarya, sikap dan perilaku dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai serta pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya

1.1 Visi Program Studi

“ Menjadi Program Doktor Program Studi Ilmu Ekonomi Islam Program Pascasarjana Universitas Airlangga yang handal dan unggul serta mandiri, kreatif, inovatif baik di tingkat Nasional, Regional maupun Internasional dalam mengemban dakwah memajukan Ilmu Ekonomi Islam secara normatif dan positif untuk mewujudkan masyarakat madani di Indonesia khususnya dan di Dunia pada umumnya berdasarkan al-Quran dan as-Sunnah

1.2 Misi Program Studi

  1. Melaksanakan pendidikan Doktor Ilmu Ekonomi Islam secara kafah/totalitas baik untuk pengembangan Ilmu Ekonomi Islam secara normatif maupun praktis dengan sistim pendidikan jalur akademis dan profesionalis
  2. Membangun sistim pendidikan jalur akademis dan profesionalis denan menggunakan cara/metode sintesis antara “Inter University Program” dengan “International Brotherhood Program” baik untuk tingkat Nasional maupun antar Negara, sehingga akan diperoleh lulusan Doktor Ilmu Ekonomi Islam yang berakhlaqul kharimah.

Yang dimaksud dengan Inter University Program adalah kerjasama antar PTN dan PTS baik yang menyelenggarakan pendidikan konvensional/umum maupun Islam dalam negeri. Sedangkan International Brotherhood Program  adalah kemitraan/kerjasama dengan Lembaga ataupun Pendidikan Tinggi Negeri maupun PTS luar negeri terutama yang telah menyelenggarakan pendidikan tinggi berdasarkan Syari’ah Islam.

1.3 Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan Sumber Daya Insani berkualitas yang menguasai Ilmu Ekonomi Islam secara profesional
  2. Menghasilkan peneliti yang dapat mengembangkan Ilmu Ekonomi Islam di Indonesia secara faktual/nyata sehingga dapat disusun Sistem Ekonomi Islam yang handal dan dapat ikut berperan dalam penyelesaian segala permasalahan sosial dan ekonomi baik di Daerah, Nasional maupun Internasional.
  3. Mempercepat terwujudnya  masyarakat  madhani di Indonesia yaitu masyarakat Indonesia yang bermartabat, berbudi luhur, dan berbudaya tinggi dalam tatanan nilai sosial ekonomi Islam yang disebut dengan masyarakat baldatun toyibatun wa Rabbun ghofur.

1.4 PROFIL LULUSAN

Lulusan  Program Doktor Program Studi Ilmu Ekonomi Islam diharapkan memiliki kemampuan  sebagai berikut:

  1. Akademisi pengembang Ekonomi Islam yang mampu mengevaluasi Ilmu Ekonomi Konvensional dan dapat mengembangkan Ilmu Ekonomi Islam yang mandiri baik secara Nasional maupun Internasional
  2. Peneliti Ekonomi Islam yang mampu mengembangkan konsep baru dalam bidang Ilmu Ekonomi Islam, pengetahuan empiris, teori, metodologi, model melalui penelitian
  3. Praktisi Ekonomi Islam yang mampu memecahkan  secara aktif bidang Ekonomi Islam atas permasalahan yang muncul baik lingkup mikro maupun makro
  4. Konsultan Lembaga Keuangan dan atau Bisnis Islam yang mampu melakukan pendekatan interdisipliner bagi penerapan ilmu Ekonomi sesuai dengan prinsip Islam.

1.5 Learning Outcomes ( Capaian dan Sub Capaian pembelajaran)

Para lulusan program Doktor Ilmu Ekonomi Islam berkompetensi dalam hal :

1.Mampu mengevaluasi Ilmu Ekonomi Konvensional dan dapat mengembangkan Ilmu Ekonomi Islam yang mandiri baik secara Nasional maupun Internasional dalam tingkat kebenaran yang lebih tinggi/hakiki (Akademis Pengembang Ekonomi Islam)(LO1)

  • Mampu mengembangkan teori ekonomi mikro dan makro Islam baik secara sektoral, sub-sektor maupun unit kegiatan manusia sebagai individu ataupun secara berserikat yang bertindak sebagai pelaku ekonomi dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan agar para pelaku ekonomi tersebut dapat secara konsisten menjaga fungsinya sebagai pelaku ekonomi yang istiqomah.
  • Mampu mengembangkan teori-teori moneter, keuangan dan perbankan yang Islami dalam interaksinya dengan kegiatan ekonomi konvensional dan Islam  baik secara nasional maupun internasional.

2. Mampu mengembangkan konsep baru dalam bidang Ilmu Ekonomi Islam, pengetahuan empiris, teori, metodologi, model melalui penelitia(Peneliti Ekonomi Islam)(LO2)

  • Mampu mengembangkan metode dan analisis kualitatif dan kuantitatif dalam kegiatan penelitian untuk penulisan disertasi dan atau pengembangan ilmu ekonomi Islam secara mandiri.
  • Mampu menguraikan telaah teori dalam bidang Ilmu Ekonomi Islam, Manajamen dan bisnis Islam, Keuangan & perbankan Islam serta Akuntansi Islam

3. Mampu memcahkan masalah secara aktif bidang Ekonomi Islam atas permasalahan yang muncul baik lingkup mikro maupun makro (Praktisi Ekonomi Islam)(LO3)

  • Mampu mempraktekkan berbagai alur-alur berfikir filosofis dalam kegiatan keilmuan dalam rangka menyelesaikan masalah-masalah yang bersifat praktis dalam kehidupan nyata.
  • Mampu bersikap serta siap untuk aktif dalam ikut berpartisipasi membangun masyarakat madhani di Indonesia.
  • Mampu menguraikan konsep-konsep manajemen secara Islami, prinsip-prinsip dalam proses yang berkaitan dengan fungsi-fungsi manajemen dan mampu menciptakan lapangan kerja baru dalam suasana kewirausahaan dengan menciptakan nilai tambah yang penuh keberkahan.

4.  Mampu melakukan pendekatan interdisipliner bagi penerapan ilmu Ekonomi sesuai dengan prinsip Islam (Konsultan Lembaga Keuangan dan atau Bisnis Islam)(LO4)

  • Mampu membandingkan tata kelola perusahaan, menekankan kelebihan dan kekurangan masing-masing sistem dari berbagai perspektif teoritis
  • Mampu membedakan sumber-sumber keuangan negara Islam dengan keuangan negara Konvensional dan menerapkannya secara Islami, memperkenalkan sumber keuangan dalam ekonomi islam dan kebijakan-kebijakan untuk meningkatkan kesejahteraan dunia akhirat.

Download (PDF, 137KB)